Jumat, 14 Mei 2010

Hati-Hati Money Game

Sistem perhitungan komisi yang berjenjang dalam MLM sering digunakan oleh praktik money game yang memirip-miripkan padahal tidak mirip. Ciri-ciri money game adalah, biaya recruitment-nya lebih tinggi dari MLM biasa, misalnya MLM hanya Rp 100-200 ribu, money game bisa dikenakan biaya 1 juta.

MLM pasti ada barang sedangkan money game bisa ada barang dan bisa tidak dan harga barangnya pun di luar batas normal. “Misalkan untuk sebuah pasta gigi harganya bisa mencapai Rp 300 ribu atau lebih dengan kualitas yang tak jauh berbeda dari produk sejenis,” terang Mike.

Selain itu Anda mendapatkan keuntungan dari uang recruitment, MLM tidak pernah membagi uang recruitment. Anda harus hati-hati agar tidak terjebak dalam praktik money game karena di Indonesia tidak ada hukum untuk melindungi mereka yang dirugikan.
Sumber: http://www.asnawi.com/blog/memilih-bisnis-mlm-yang-tepat/

2 komentar:

  1. kuncinya adalah bila kita dapat uang dari recruitment, maka itu adalah sumber awal dari pyramid scheme. barang yang dijual hanyalah topeng, kalau ujung-ujungnya harus dipakai sendiri, maka itu namanya bukan menjual, sebagai mlm-er sesungguhnya anda adalah seorang agent yang menjual produk milik perusahaan, bukan untuk dimakan sendiri.

    sebagian mlm adalah separuh pyramid scheme dan separuh mlm, makanya sulit dan mereka selalu berusaha berada di area abu-abu.

    tapi kalau kita mau kritis sedikit aja dan menanyakan sampai mendalam, maka kita akan tahu bedanya

    BalasHapus
  2. kalau anda dapat uang dari produk yang dimakan oleh downline anda, padahal mereka memakan produk itu karena terpaksa maka itu sama dengan anda memaksa mereka memakan makanan yang tidak mereka sukai dan anda mendapatkan keuntungan daripadanya.

    hal itu termasuk pemaksaan/perampokan dan nanti kalo mati anda akan dituntut diakherat oleh downline anda.

    BalasHapus